BAPETEN Akan Menyelenggarakan ANUGERAH Si-INTAN 2019
Tuesday, 15 January 2019

BAPETEN kembali akan menyelenggarakan ANUGERAH Si-INTAN 2019. Ada 9 (Sembilan) kategori yang akan diberikan Anugerah, yaitu 4 (empat) kategori penghargaan untuk rumah sakit yang berkontribusi aktif dalam input data dosis pasien di Si-INTAN, dan 5 (lima) kategori penghargaan aspek inovasi dan implementasi Si-INTAN.  

4 (empat) kategori kontributor teraktif dalam Si-INTAN merupakan rumah sakit yang memenuhi kriteria kategori teraktif dalam penginputan data dosis radiasi pasien untuk modalitas CT Scan, Fluoroskopi, Radiografi Umum dan dalam penginputan data aktivitas radionuklida yang diberikan ke pasien untuk diagnostik Kedokteran Nuklir.

5 (lima) kategori aspek inovasi merupakan ajang kompetisi dengan menunjukkan upaya-upaya inovasi atau pun implementasi yang telah dilakukan oleh rumah sakit dalam rangka proteksi dan keselamatan radiasi bagi pasien radiologi seperti: kegiatan atau program yang dilakukan setelah data dosis radiasi pasien dikontribusikan ke Si-INTAN, implementasi perlindungan keselamatan pasien radiologi, upaya pencegahan insiden radiasi bagi pasien, upaya penguatan kompetensi personil keselamatan radiasi, dan implemantasi kepedulian (awareness) dalam penggunaan sumber radiasi pengion.

Kategori aspek inovasi dan implementasi tersebut dinyatakan dalam bentuk tulisan/makalah yang dibuat oleh rumah sakit dan akan dinilai oleh Tim Penilai yang ditetapkan oleh BAPETEN untuk menentukan makalah terbaik 1 s/d 3.

Makalah terbaik 1 s/d 3 tiap kategori inovasi dan rumah sakit yang terpilih sebagai kontributor teraktif akan menerima penghargaan pada acara puncak ANUGERAH Si-INTAN 2019, Tanggal 8 Mei 2019 di Jakarta.

Ajang dua tahunan ini merupakan bagian dari upaya BAPETEN dalam mendorong terwujudnya optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi bagi pasien dan sebagai media berbagi atau diseminasi pengalaman dan pengetahuan rumah sakit yang telah mengimplementasikan program perlindungan keselamatan radiasi bagi pasien radiologi.

Melalui ANUGERAH Si-INTAN, rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan diberi kesempatan untuk saling berkompetisi menunjukkan program-program kegiatan yang telah dilakukan sebagai teladan good practice untuk di-sharing ke rumah sakit – rumah sakit lain dalam upaya proteksi dan keselamatan radiasi.

Bersama ini diumumkan juga peserta rumah sakit yang menjadi kandidat memperoleh Anugerah Si-INTAN dan sekaligus rumah sakit tersebut sebagai peserta yang dapat ambil bagian dalam pembuatan tulisan/makalah. Sesuai dengan data yang masuk di Si-INTAN per 31 Desember 2018, ada 128 rumah sakit/klinik yang berpeluang untuk memperoleh ANUGERAH Si-INTAN.

Ajang ini juga diperuntukkan menjadi informasi bagi publik atau masyarakat mengenai rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan mana saja yang memberi jaminan perlindungan keselamatan radiasi bagi pasiennya. Sehingga pasien atau pun keluarga pasien dapat selektif dalam memilih fasilitas pelayanan kesehatan yang diinginkannya.

Sekali lagi, kami memanggil rumah sakit untuk berkontribusi aktif dalam Si-INTAN dan partisipasi makalah dalam ajang yang berharga ini. pendaftaran makalah dimulai dari 15 Januari – 25 Maret 2019.


Berikut ini adalah Link: Panduan Ketentuan ANUGERAH Si-INTAN 2019







Dipromosikan dan dikembangkan atas kerjasama: