Selamat Datang... Pengunjung

KADORISKA merupakan sebuah aplikasi dengan memanfaatkan data dosis radiasi pasien yang ada di web-based Si-INTAN untuk memperkirakan dosis efektif dan potensi risiko kanker. Aplikasi ini didedikasikan untuk sarana media edukasi kepada pasien, keluarga pasien , maupun anggota masyarakat (publik) secara umum mengenai radiasi pengion.

Bagi rumah sakit atau pun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dapat menggunakan fitur KADORISKA ini untuk melakukan komunikasi dan edukasi kepada pasien dan keluarga perihal pelayanan radiologi diagnostik dan intervensional.

Rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan dituntut harus mengembangkan pendekatan untuk meningkatkan komunikasi efektif pada pasien dan keluarga. Komunikasi efektif harus tepat waktu, akurat, lengkap, jelas, dan dipahami oleh penerima. Komunikasi dan edukasi kepada pasien dan keluarga diberikan dalam format serta bahasa yang mudah dimengerti.
Pemberian edukasi kepada pasien dan keluarga pasien terkait radiasi juga meliputi keselamatan dan efektivitas penggunaan peralatan medis sinar-X bagi pasien.

Selain itu, institusi lain yang berkaitan dengan radiasi pengion dapat menggunakan fitur ini untuk sarana pembelajaran dan edukasi bagi masyarakat secara umum terkait penggunaan sumber radiasi pengion.

Paparan radiasi dapat berpotensi risiko kerusakan dalam jangka panjang, tergantung dosis radiasi dan jumlah pemeriksaan pada seorang pasien. Sebelum dilakukan pemeriksaan radiologi diagnostik dan intervensional, pasien harus diberi penjelasan oleh Radiolog mengenai benefit dan risiko penggunaan radiasi pengion dan harus ada persetujuan dari pasien atau keluarga.
Penggunaan radiasi pengion dengan dosis yang lebih tinggi mengakibatkan risiko kerusakan yang lebih besar, dan dosis yang berulang mempunyai efek kumulatif yang juga mengakibatkan risiko yang lebih besar.

Hitung Resiko berdasarkan studi modalitas dan jenis pemeriksaan yang pernah dilakukan pada Anda/Keluarga/Pasien dalam kurun waktu 1 tahun terakhir.



Dipromosikan dan dikembangkan atas kerjasama: