PENGENALAN APLIKASI Si-INTAN VERSI 2.0 DI PADANG

Wednesday, 09 August 2017

Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (P2STPFRZR) BAPETEN mengadakan pertemuan teknis dengan para Petugas Proteksi Radiasi (PPR) di Kota Padang, Sumatera Barat pada Tanggal 12 April 2017.Pertemuan teknis tersebut di isi dengan pengenalan aplikasi Si-INTAN sebagai sistem manajemen data dosis pasien yang nantinya digunakan sebagai alah satu metode untuk menetapkan Nilai Diagnostic Reference Level (DRL) Nasional.

Kegiatan yang diikuti oleh para Petugas Proteksi Radiasi (PPR) di berbagai rumah sakit di kota Padang dan sekitarnya ini tidak hanya dikhususkan untuk rumah sakit yang memiliki modalitas CT Scan dan fluoroskopi, tetapi juga yang memiliki modalitas radiografi umum. Hal ini dikarenakan pada Tahun 2017 juga sedang dilakukan pengembangan aplikasi Si-INTAN untuk memfasilitasi system manajemen data dosis pasien radiografi umum.




 

Pada pengenalan aplikasi Si-INTAN ini, disampaikan ke para peserta beberapa informasi mengenai:
1. Diagnostic reference levels (DRL), 
2. Sistem manajemen dan audit dosis radiasi untuk pasien pada pemeriksaan CT Scan dan fluoroskopi,
3. Penggunaan sistem aplikasi SI-INTAN 2.0. 
4. Perhitungan perkiraan dosis pasien pada pemeriksaan dengan radiografi umum.


Aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu tool untuk sistem manajemen dosis pasien dengan DRL sebagai indikatornya. Pihak rumah sakit harus memiliki program manajemen dosis radiasi untuk pasien.