Penambahan Fitur Aplikasi Survey Untuk Kedokteran Nuklir Diagnostik

Tuesday, 05 September 2017

Sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, bahwa Tahun 2017 ini, dalam rangka pengembangan SI-INTAN, akan ditambahkan 2 (dua) fitur baru yaitu kedokteran nuklir diagnostik dan radiografi umum. Sebelumnya, pada aplikasi Si-INTAN sudah tersedia 2 (dua) fitur survey data dosis pasien yaitu untuk CT Scan dan Fluoroskopi. 

Pada Tanggal 29 Agustus 2017, telah diunggah fitur baru untuk survey dan manajemen data aktivitas (MBq) yang diberikan pada pasien yang menjalani prosedur diagnostik kedokteran nuklir. Selain itu, juga telah dilakukan perubahan wajah baru halaman aplikasi Si-INTAN.

Dengan diunggahnya fitur baru ini, diharapkan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia yang memiliki pelayanan kedokteran nuklir untuk dapat memanfaatkan aplikasi Si-INTAN dalam penyusunan survey dan audit dosimetri atau pun untuk sistem manajemen data aktivitas radionuklida pada pasien.

Partisipasi aktif dari fasilitas pelayanan kedokteran nuklir sangat bermanfaat dalam upaya penyusunan DRL nasional maupun lokal untuk kedokteran nuklir.

Data pasien yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam aplikasi Kedokteran Nuklir di SI-INTAN adalah:
1. kode pasien (jika ada)
2. Nama Pasien (jika ada)
3. Jenis Kelamin
4. Usia (tahun)
5. Berat Badan (kg)
6. Nama Prosedur
7. Radionuklida
8. Bentuk Kimia
9. Jalur Pemasukan (Route of Administration)
10. Aktivitas (MBq)

Data pasien nomor 1 dan 2 merupakan opsional, ini disediakan dan dapat digunakan oleh fasilitas pelayanan kedokteran nuklir untuk sistem manajemen data aktivitas pasien.