Audiensi dengan Pimpinan BAPETEN melaporkan Status Terkini Si-INTAN

Thursday, 12 October 2017

Pada Tanggal 11 Oktober 2017 bertempat di Jakarta, tim kerja Si-INTAN melaksanakan audiensi kepada jajaran pimpinan BAPETEN untuk memperkenalkan dan melaporkan status terkini aplikasi Si-INTAN. Aplikasi yang diperuntukkan bagi pemegang izin dalam rangka manajemen data dosis radiasi bagi pasien dan untuk menetapkan Diagnostic Reference Level (DRL) nasional maupun lokal.

Audiensi dengan pimpinan sangat penting dilakukan untuk memberikan informasi mengenai progress report kegiatan yang sedang dilakukan dalam rangka mewujudkan program prioritas nomor 1 BAPETEN yaitu penguatan jaminan perlindungan keselamatan pasien radiologi. Aplikasi SI-INTAN merupakan salah satu wujud implementasi tantangan program prioritas nomor 1 yaitu mengenai belum tersedianya database dosis pasien dalam penggunaan sumber radiasi pengion (diagnostic reference level) dan BAPETEN harus menyediakannya dalam 5 tahun ke depan.

Melalui arahannya, Kepala BAPETEN Jazi Eko Istianto menyampaikan bahwa dengan kehadiran banyaknya sistem informasi di BAPETEN semakin menunjukkan bahwa core BAPETEN bukan di teknologi nuklir tetapi di sistem informasi. Dengan mengembangkan sistem informasi ini maka juga dapat mendorong menumbuhkan safety culture terutama untuk manusia dalam hal ini pasien radiologi. Selain itu, Pak Jazi juga menyampaikan apresiasinya dengan adanya aplikasi Si-INTAN ini sebagai bagian dari peningkatan perlindungan pasien.

   

Pada kesempatan kali ini juga diinformasikan kepada pimpinan BAPETEN bahwa dalam rangka memberi motivasi ke pemegang izin motivasi dan apresiasi bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah memanfaatkan aplikasi Si-INTAN untuk perekaman data dosis pasien, maka BAPETEN akan menyelenggarakan penganugerahan penghargaan berupa Si-INTAN Award untuk pertama kalinya pada Tahun 2017.