Koordinasi verifikasi dan evaluasi Si-INTAN 2017

Wednesday, 15 November 2017

Pada Tanggal 30 Oktober 2017 di Auditorium BAPETEN diselenggarakan koordinasi verifikasi dan evaluasi Si-INTAN 2017.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa koordinasi ini memiliki tujuan untuk verifikasi kesesuaian dan validitas data, sebaran variasi protokol penyinaran, dan evaluasi terhadap aplikasi Si-INTAN.

Pada sesi pembukaan, Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir Yus Rusdian Akhmad menyampaikan arahan, bahwa "BAPETEN sebagai pengawas harus menyatakan diri bahwa perlindungan pasien itu menjadi hal yang utama. BAPETEN telah menyiapkan Si-INTAN untuk memfasilitasi penginputan data dosis pasien yang kedepannya dapat dihasilkan DRL untuk jenis pemeriksaan tertentu. Diharapkan RS yang hadir saat ini dapat menjadi pionir dan selalu berpartisipasi aktif dalam program DRL ini".

Lingkup diskusi meliputi pemeriksaan dengan CT Scan, fluoroskopi dan radiografi umum. Namun, yang lebih mengemuka adalah mengenai CT Scan.

Beberapa diskusi yang muncul diantaranya:
  • masih muncul kesalahan dalam penginputan data, sehingga solusinya harus disediakan tooltips untuk setiap kolom isian;
  • protokol penyinaran perlu kesepahaman dan definisi operasional, tindak lanjutnya, BAPETEN akan berkoordinasi dengan organisais profesi untuk meminta pandangan terkait protokol penyinaran;
  • kenapa yang dibutuhkan datanya CTDI dan DLP, bukan hanya DLP, tindak lanjutnya, untuk kebutuhan optimisasi proteksi pasien maka kedua data tersebut dibutuhkan, CTDI untuk evaluasi parameter penyinaran dasar dan DLP untuk evaluasi akuisisi & rekonstruksi citra;
  • ada keraguan dari personil untuk input data karena masih belum paham tujuan aplikasi SI-INTAN, tindak lanjutnya, perlu dilanjutkan adanya pertemuan teknis dan sosialisasi Si-INTAN.

Harapannya, dengan aplikasi ini, ada perubahan yang baik menuju upaya optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi bagi pasien. Perubahan itu adalah dimulai dari upaya perbaikan dari perekaman data dosis yang sudah dilaksanakan selama ini, dari data yang sederhana menuju data yang lebih lengkap.