ANUGERAH Si-INTAN 2017: BAPETEN Hadir dan Melindungi menuju "Together for Patient Safety"

Tuesday, 12 December 2017

BAPETEN menyelenggarakan acara pemberian penghargaan berupa ANUGERAH Si-INTAN 2017 kepada rumah sakit sebagai peran strategis lembaga dalam upaya perlindungan keselamatan radiasi bagi pasien. Acara tersebut dilaksanakan di Jakarta pada Hari Senin Tanggal 11 Desember 2017.
 
Pemberian Anugerah Si-INTAN  Tahun 2017 ini merupakan upaya Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk menumbuhkan dan meningkatkan awareness para pemangku kepentingan untuk lebih memperhatikan proteksi dan keselamatan radiasi pasien khususnya pasien radiologi.


Si-INTAN yang merupakan singkatan dari Sistem INformasi daTA dosis pasieN dibangun oleh BAPETEN sejak Tahun 2014 sebagai tool untuk melakukan pencatatan, perekaman, pengolahan dan pelaporan data dosis pasien. Data dosis pasien tersebut digunakan baik oleh fasilitas pelayanan kesehatan maupun BAPETEN dalam upaya optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi terhadap pasien radiologi.  Optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi merupakan suatu upaya agar besarnya dosis yang diterima oleh pasien serendah mungkin yang dapat dicapai dengan mempertimbangkan faktor sosial dan ekonomi sebagaimana tercantum di dalam Pasal 34 ayat (1) PP Nomor 33 Tahun 2007.


Salah satu penerapan optimisasi dilaksanakan melalui tingkat panduan untuk paparan medik (Diagnostic Reference Level, DRL). Nilai DRL dapat ditetapkan secara lokal oleh rumah sakit dan secara nasional oleh BAPETEN berdasarkan data base dosis pasien dari Si-INTAN.


Disamping  itu Si-INTAN juga dapat di gunakan bagi fasilitas pelayanan kesehatan dalam pemenuhan kriteria yang dipersyaratkan dalam Quality Assurance in Diagnostic Radiology (QUADRIL),  yang merupakan salah satu unsur penilaian mutu dalam peningkatan kinerja pelayanan radiologi. Selain itu juga dapat digunakan dalam penilaian akreditasi rumah sakit terkait identifikasi dosis radiasi pasien maksimum.


Saat ini Si-INTAN yang merupakan aplikasi data berbasis web, sudah memfasilitasi pencatatan,  perekaman, pengolahan dan pelaporan data dosis pasien untuk modalitas CT-Scan,   fluoroskopi,  kedokteraan nuklir, radiografi umum, dan tahun 2018 untuk modalitas radiografi gigi dan mamografi.


Anugerah Si-INTAN tahun 2017 ini diberikan kepada 2
1 rumah sakit yang aktif berkontribusi dalam Si-INTAN untuk modalitas CT-Scan. Dari 21 rumah sakit tersebut dipilih 5 teraktif. Dengan adanya anugerah ini diharapkan para pegguna rumah sakit lebih termotivasi untuk aktif melakukan pencatatan, perekaman, pengolahan dan pelaporan melalui Si-INTAN sehingga terwujud salah satu langkah menuju perlindungan pasien radiologi.

berikut ini adalah daftar 5 (lima) rumah sakit yang memperoleh ANUGERAH Si-INTAN 2017 kategori kontributor teraktif :
1. RS Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang
2. RS Universitas Sumatera Utara, Medan
3. RS Semen Padang Hospital, Padang
4. RS Santosa Hospital Bandung Central, Bandung
5. RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta


Selain 5 rumah sakit kategori teraktif, berikut ini daftar 16 rumah sakit penerima ANUGERAH Si-INTAN 2017 dengan kategori kontributor aktif: