Pengenalan Aplikasi Si-INTAN di Kota Banjarmasin

Sunday, 11 March 2018

Kegiatan Pengenalan aplikasi Si-INTAN pada Tahun 2018 mulai bergulir dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada Hari Selasa Tanggal 6 Maret 2018, telah diselenggarakan pertemuan teknis untuk pengenalan dan uji coba aplikasi Si-INTAN, khususnya fitur survei atau audit dosis pasien untuk modalitas radiografi umum (General Radiography).

Sebagai sebuah fitur baru di Si-INTAN yang diluncurkan pada akhir Tahun 2017, aplikasi sistem manajemen data dosis pasien untuk modalitas radiografi umum memberikan fasilitas kepada para pengguna (rumah sakit dan klinik) dalam mengidentifikasi dosis pasien. Sebagaimana diketahui bahwa, modalitas sinar-X radiografi umum, sebagian besar belum tersedia indikator dosis (Skin Dose dan Dose Area Product, DAP) sehingga pada aplikasi Si-INTAN, selain memberi fasilitas untuk modalitas yang sudah memiliki indikator dosis juga memberi fasilitas input data untuk yang memiliki modalitas tanpa indikator dosis.

Bagi rumah sakit dan klinik yang memiliki modalitas sinar-X yang ada indikator dosis (Skin Dose dan DAP) maka inputan data dosis di Si-INTAN dapat dilakukan jika memiliki catatan atau perekaman kondisi penyinaran (faktor eksposi) dan nilai indikator dosisnya pada logbook penyinaran.
Namun, untuk rumah sakit yang punya modalitas sinar-X yang tidak dilengkapi dengan indikator dosis maka, input data dosis di Si-INTAN dapat dilakukan jika memiliki data keluaran radiasi (radiation output) dan data faktor eksposi.
 
Fitur yang disediakan oleh Si-INTAN, dapat memberi kemudahan bagi rumah sakit yang memiliki modalitas sinar-X tanpa indikator dosis. Sehingga rumah sakit dapat kemudahan dalam mengidentifikasi dosis pasien radiologi.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Banjarmasin ini, diperoleh beberapa informasi yang menjadi tantangan ke depan bagi Aplikasi Si-INTAN, diantaranya:
1. Modalitas sinar-X radiografi umum tidak dilengkapi dengan indikator dosis;
2. Rumah sakit dan klinik belum memiliki data keluaran radiasi untuk tiap modalitas sinar-X.
3. Data keluaran radiasi seharusnya disediakan dari hasil kalibrasi atau pun uji kesesuaian.
4. Hasil Uji Kesesuaian tidak memberikan informasi mengenai data keluaran radiasi.

Berikut ini adalah hasil uji kesesuaian dari modalitas sinar-X radiografi umum untuk parameter uji akurasi tegangan (kV) yang tidak memuat informasi mengenai keluaran radiasi:



Sedangkan yang kami harapkan dari hasil kalibrasi atau pun uji kesesuaian adalah memuat informasi mengenai data keluaran radiasi sebagaimana gambar berikut:



Semoga ke depan data keluaran radiasi dapat disediakan dari hasil uji kesesuaian. Kami akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan uji kesesuaian.