Pengenalan Fitur Radiografi Umum pada Aplikasi Si-INTAN di Kota Mataram

Tuesday, 08 May 2018

Dalam rangka memperluas informasi mengenai aplikasi Si-INTAN maka dilakukan pengenalan dan simulasi fitur baru Si-INTAN yaitu survey dosis pasien untuk radiografi umum di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan pengenalan dilaksanakan pada Tanggal 5 April 2018 ini khusus untuk fitur survey dosis untuk radiografi umum. Hal tersebut dikarenakan di Indonesia bagian timur banyak penggunaan sinar-X radiografi umum.

Seluruh peserta telah membuat account pada aplikasi Si-INTAN dan sudah mulai menginput data simulasi. Kendala dalam registrasi maupun penginputan data langsung didiskusikan dengan personil dari BAPETEN.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh RS atau klinik adalah pada hasil uji kesesuaian tidak mencantumkan data keluaran radiasi atau data mentah pengukuran uji kesesuaian. Oleh karena itu, disarankan RS atau klinik tersebut minta data mentah hasil uji kesesuaian ke penguji berkualifikasi. Dari data mentah itu akan dapat diketahui data keluaran radiasi (mGy atau µGy) saat uji akurasi kV.

Data keluaran radiasi sangat bermanfaat untuk memperkirakan dosis pasien di Si-INTAN pada pemeriksaan dengan pesawat sinar-X radiografi umum, khususnya pesawat sinar-X yang belum memiliki indikator dosis. Untuk sementara, dalam praktik penginputan diberikan contoh data keluaran radiasi. Selanjutnya diminta untuk dapat diedit sesuai dengan data keluaran radiasi yang sebenarnya (dimintakan kepada penguji/tester).