Pengenalan Fitur Radiografi Umum di Si-INTAN di Kota Palu

Tuesday, 15 May 2018

Dalam rangka pemerataan informasi mengenai aplikasi Si-INTAN khususnya fitur survey dosis pasien untuk pesawat sinar-X radiografi umum, maka pada Hari Kamis Tanggal 3 Mei 2018 di kota Palu, Sulawesi Tengah diselenggarakan pengenalan aplikasi Si-INTAN sebagai program data base dosis radiasi pasien berbasis web untuk penetapan tingkat panduan diagnostik (Diagnostic Reference Levels) nasional.

Pada kegiatan ini disampaikan informasi upaya optimisasi dosis pasien melalui tingkat panduan diagnostik dan pengenalan disertai simulasi penggunaan aplikasi Si-INTAN.

Beberapa hal yang menjadi bahan diskusi di pertemuan tersebut, diantaranya:

  1. Pembuatan data base dosis radiasi pasien untuk tingkat panduan diagnostik merupakan salah satu program prioritas BAPETEN untuk penguatan jaminan perlindungan keselamatan pasien radiologi. Pembuatan data base ini dilakukan melalui aplikasi berbasis web yaitu Sistem Informasi Data Dosis Pasien (Si-INTAN).
  2. Pencatatan dosis pasien sangat penting namun terkendala oleh pesawat sinar-X yang belum memiliki indikator dosis. Terkait hal ini, di aplikasi Si-INTAN sudah difasilitasi fitur perhitungan dosis pasien untuk modalitas yang belum memiliki indikator dosis. Perhitungan dosis dapat dilakukan jika memiliki log book catatan kondisi penyinaran (kV, mA/mAs, jarak fokus – pasien) dan data keluaran radiasi yang diperoleh dari hasil kalibrasi atau uji kesesuaian.
  3. Hasil uji kesesuaian untuk pesawat sinar-X radiografi umum tidak disediakan data keluaran radiasi padahal itu penting untuk kebutuhan perkiraan besarnya dosis radiasi pasien. Bagi rumah sakit atau klinik yang memiliki hasil uji kesesuaian tidak memberikan informasi data keluaran radiasi, maka rumah sakit memiliki hak untuk meminta data itu ke penguji atau laboratorium uji.
  4. Rumah sakit dan klinik harus membuat rekaman data dosis pasien per modalitas, karena itu menjadi salah satu muatan revisi Perka BAPETEN No. 8 Tahun 2011 dan elemen penilaian untuik akreditasi rumah sakit KARS.
  5. Tata cara penggunaan aplikasi Si-INTAN untuk berbagai modalitas sinar-X dapat diunduh di web http://idrl.bapeten.go.id