Soft Launching KADORISKA sebagai salah satu outcome Si-INTAN untuk edukasi risiko radiasi

Tuesday, 17 July 2018

Proteksi radiasi pada pasien sudah menjadi bagian penting dari penggunaan sumber radiasi pengion. Pasien, sebagai individu yang menerima manfaat atas radiasi yang diterima juga berpotensi menerima risiko radiasi. Salah satu upaya menekan risiko radiasi adalah mengusahakan dosis radiasi yang diterima oleh pasien sesuai dengan yang diperlukan untuk kebutuhan diagnostik.

 

Dengan adanya Si-INTAN, para stakeholder rumah sakit dan klinik dapat memanfaatkan untuk survei dosis, rekam dosis, atau pun audit dosis pasien sebagai:.  

  1. Kontribusi ke negara dalam rangka penetapan tingkat panduan diagnostik (Diagnostik Reference Level, DRL) nasional Indonesia sesuai sumber daya yang ada.
  2. Kontribusi ke lokal rumah sakit dalam rangka akreditasi rumah sakit yang meminta rumah sakit mengidentifikasi dosis radiasi yang diterima oleh pasien dan untuk kebutuhan audit mutu radiologi.

Informasi tersebut diperoleh dari kegiatan pembinaan teknis pengenalan Si-INTAN dan Soft Launching KADORISKA yang dilaksanakan oleh BAPETEN di Kota Banda Aceh Tanggal 17 Juli 2018.

 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan soft launching dari aplikasi baru pengembangan Si-INTAN yaitu KADORISKA (Kalkulasi Dosis Efektif dan Risiko Kanker). Sebagaimana diketahui bahwa Si-INTAN merupakan aplikasi berbasis web untuk pengumpulan data dosis pasien. Data dosis pasien yang ada di Si-INTAN dapat digunakan untuk alat prediksi potensi risiko radiasi. KADORISKA merupakan salah satu outcome dari Si-INTAN yang memanfaatkan data dosis yang ada di SI-INTAN dan digunakan untuk menghitung dosis efektif serta perkiraan risiko insiden kanker yang muncul akibat pemeriksaan radiasi.

 

KADORISKA ini digunakan sebagai sarana edukasi kepada pasien, keluarga pasien, atau pun masyarakat umum yang membutuhkan informasi mengenai potensi risiko radiasi akibat penggunaan radiasi untuk medik.

 

Rumah sakit yang sudah memiliki akun dan berkontribusi di Si-INTAN dapat mengakses KADORISKA melalui akun yang dimilikinya. Nilai dosis yang digunakan untuk KADORISKA adalah nilai dosis lokal rumah sakit yang diinput ke Si-INTAN. Sehingga rumah sakit dapat menggunakan KADORISKA untuk edukasi pasien dengan data yang diperoleh dari rumah sakitnya itu sendiri. Sedangkan untuk institusi lain yang tidak punya akun di SI-INTAN, dapat menggunakan KADORISKA untuk kebutuhan edukasi publik terkait risiko radiasi medik dapat mengakses KADORISKA melalui web Si-INTAN.