Pengenalan KADORISKA kepada Unit Kerja di BAPETEN

Friday, 27 July 2018

Aplikasi KADORISKA telah di launching pada Tanggal 17 Juli 2018 dan sekaligus diperkenalkan untuk dapat diakses pertama kali kepada para stakeholder rumah sakit sebagai aplikasi berbasis web untuk media edukasi pada pasien, keluarga pasien, dan anggota masyarakat tentang risiko radiasi akibat penyinaran medik. Selanjutnya, Pada Tanggal 26 Juli 2018 bertempat di Jakarta, dilakukan pengenalan aplikasi KADORISKA kepada unit kerja di BAPETEN. 

Harapannya, bagi BAPETEN, aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk media sosialisasi edukasi publik terkait penggunaan radiasi pengion dan risikonya. Selain itu, pada acara ini juga diperoleh banyak masukan dan saran untuk perbaikan dari aplikasi KADORISKA.

Pada acara ini, Kepala P2STPFRZR menyampaikan bahwa KADORISKA merupakan bagian penunjang dari optimisasi. Aplikasi ini menginduk pada Si-INTAN yang merupakan salah satu tool optimisasi proteksi dan keselamatan radiasi pada pasien. kehadiran Si-INTAN diharapkan dapat berguna untuk tiga pilar pengawasan yang diselenggarakan oleh BAPETEN. Optimisasi proteksi pada pasien ini harus mengedepankan prinsip keadilan yaitu agar setiap pasien menerima dosis yang sama, maka Si-INTAN berfungsi untuk mengarahkan ke hal tersebut dan juga didukung dengan adanya KADORISKA.