PERKIRAAN NILAI DRL UNTUK PEMERIKSAAN PASIEN DENGAN CT SCAN HASIL SURVEI TAHUN 2013 – 2014

Monday, 19 September 2016

Berikut ini disampaikan mengenai perkiraan nilai DRL untuk pemeriksaan pasien dengan CT Scan hasil survei yang dilakukan oleh BAPETEN selama periode Tahun 2013 – 2014.
Survei pengambilan data dilakukan dengan metode paper-based dengan datang ke fasilitas yang meiliki pesawat CT Scan secara sampling. Perkiraan dosis pasien diidentifikasi menggunakan nilai CTDI dan DLP yang terekam dalam laporan dosis pasien (report dose protocol) yang ada di tiap data pasien. Nilai CTDI dan DLP umumnya dapat diketahui pada layar monitor konsol CT Scan atau terintegrasi dengan sistem data DICOM setiap pasien seperti dose protocol report atau tergantung pabrikan.

Dalam rangka memastikan bahwa nilai indicator dosis yang ada pada monitor konsol itu masih valid maka dilakukan pengukuran nilai CTDI secara langsung dengan menggunakan peralatan yang sesuai. Nilai toleransi simpangan nilai CTDI mengadopsi dari referensi internasional yaitu 20%.

Setelah data dosis diperoleh, maka dilakukan analisis dengan menggunakan sebaran data yang ada kemudian ditentukan nilai kuartil 3 (75 persentil). Nilai yang diperoleh pada kuartil 3 tersebut yang kemudian dinamakan dengan nilai DRL.

Nilai DRL ini dapat digunakan sebagai acuan (base line) pada pemeriksaan radiologi diagnostik dan intervensional. Artinya, setelah nilai DRL ditetapkan maka nilai tersebut digunakan sebagai perbandingan dengan perkiraan dosis yang diterima pasien selama 1 - 2 tahun ke depan tergantung kemampuan sumber daya.