CALL FOR PAPERS: SEMINAR & WORKSHOP Si-INTAN 2021

Thursday, 19 November 2020

Dalam rangka menumbuhkan motivasi fasilitas pelayanan kesehatan untuk berperan aktif dalam program Si- INTAN dan mengimplementasikan prinsip justifikasi dan optimisasi proteksi radiasi, BAPETEN menyelenggarakan Si-INTAN ke-1 : Seminar & Workshop Nasional 26 – 27 Mei 2021. Acara ini merupakan ajang saling berkomunikasi dan berbagi ilmu dan pengalaman mengenai praktik yang baik (good practice) dalam upaya implementasi optimisasi proteksi radiasi bagi pasien di fasilitas kesehatan. Pada ajang tersebut juga akan ada pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada personel dan rumah sakit yang telah berperan aktif dalam memberikan input data dosis pasien.

Selain kategori partisipasi aktif dalam Si-INTAN, kami juga akan memberikan penghargaan untuk kategori inovasi dan implementasi optimisasi proteksi radiasi bagi pasien. Kategori tambahan ini dinilai dari makalah yang dibuat oleh personel yang bekerja di rumah sakit ataupun praktisi dan akademisi terkait.

KATEGORI MAKALAH

1. Implementasi justifikasi penggunaan sumber radiasi pengion, yaitu paparan yang tidak diinginkan (unintended exposure), kriteria justifikasi medis, keuntungan dan risiko, audit klinis, panduan praktik klinis, panduan rujukan (referral guideline), clinical support decision, serta penggunaan teknologi informasi dan komputasi
2. Implementasi optimisasi proteksi radiasi bagi pasien, yaitu kriteria optimisasi, paparan yang tidak perlu (unnecessary exposure), ALARA, DRL, pertimbangan pemilihan modalitas, bangunan fasilitas radiasi, prosedur operasional, dan jaminan mutu
3. Pencegahan insiden radiasi bagi pasien, yaitu semua bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan pencegahan terhadap insiden/kecelakaan radiasi bagi pasien, pemantauan dosis pasien, investigation level, pelaporan insiden, verifikasi keselamatan, dan analisis pencegahan.
4. Penguatan kompetensi personel keselamatan radiasi, yaitu semua bentuk kegiatan yang berhubungan dengan upaya menyediakan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang menggunakan sumber radiasi pengion, pendidikan dan pelatihan, dan penguatan peran personel radiologi.
5. Kepedulian (awareness) dalam penguatan budaya keselamatan penggunaan sumber radiasi pengion, yaitu semua kegiatan yang menunjukkan kepedulian pada penggunaan modalitas sumber radiasi pengion (tidak sembarangan/sembrono), pengakuan personel fiskawan medis dan petugas proteksi radiasi (PPR), kajian keselamatan, riset pengawasan, promosi keselamatan, seperti edukasi, pembinaan, dan komunikasi dengan organisasi profesi melalui laman, workshop, konferensi, materi pelatihan, dan media sosial.


SYARAT & KETENTUAN

1. Peserta adalah personel dokter dan dokter spesialis, radiografer, fisikawan medis, tim rumah sakit, praktisi, dan akademisi.
2. Peserta membuat makalah sesuai dengan format penulisan: sampul (judul, kategori, nama tim penyusun, identitas rumah sakit/klinik), abstrak, pendahuluan/latar belakang, maksud/tujuan, metodologi, hasil, analisis/diskusi/pembahasan, kesimpulan, saran, lampiran.
3. Penulisan makalah menggunakan ukuran kertas A4 dengan format huruf Times New Roman; ukuran 12; spasi 1,5; dan jumlah halaman minimal 7 lembar
4 Peserta mengirim makalah ke tautan berikut  https //s.id/daftarmakalah
5. Setiap peserta dan rumah sakit dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) makalah atau pun kategori
6 Makalah yang masuk akan diseleksi oleh tim penilai.
7. Pemilihan makalah terbaik melalui 2 (dua) tahapan seleksi yaitu, tahapan pertama (memilih 5 besar di tiap kategori) dan tahapan akhir (memilih terbaik 1 sampai dengan 3).
8. Peserta yang makalahnya dinyatakan sebagai pemenang terbaik 1 sampai dengan 3 akan menerima penghargaan dan pemenang terbaik ke-1 untuk tiap kategori akan mempresentasikan hasil tulisannya pada saat acara Seminar Si-INTAN 2 21.
9. Makalah 5 besar tiap kategori akan dimuat dalam Jurnal BAPETEN.
10. Narahubung : Sudradjat 0812 8700 2019 & Tama 0812 8586 564

Batas akhir penerimaan makalah : 30 April 2021